WAONE DARK S3V3N

30 Agustus 2009

Membuat USB Drive Read Only

Dengan melakukan pengeditan di registry, sebelumnya saya pernah menuliskan bagaimana untuk menonaktifkan USB drive. Cara berikut bisa jadi dapat dimanfaatkan untuk tujuan serupa, hanya saja USB drive masih bisa digunakan namun hanya sebatas dapat dibaca saja atau read only. Akses penulisan seperti menyimpan, meng-copy file ke USB drive, atau pun mengedit langsung file yang ada di flashdisk menjadi tidak dimungkinkan.

Untuk melakukan pembatasan tersebut, pengguna mulai Windows XP SP2 dapat melakukan melalui registry editor (StartRun, ketikkan regedit, klik OK atau tekan [Enter]).

Setelah regedit terbuka, masuk ke
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies
Kemudian buat DWORD Value baru dan beri nama WriteProtect dan berikan nilai 1. Untuk mengembalikan agar akses menulis ke USB drive kembali dapat dilakukan, ubah nilainya menjadi 0. Agar perubahan dapat diberlakukan maka komputer perlu direstart terlebih dahulu.
Ada kemungkinan Key StorageDevicePolicies belum ada, maka sebelumnya perlu dibuatkan Key tersebut lebih dahulu. Jika tidak mau repot mengutak-atik registry dengan cara di atas, jalankan file .reg dalam file zip berikut:
Mengaktifkan USB Drive Read Only | Menonaktifkan USB Drive Read Only
Pesan seperti ini akan muncul jika setting read only telah diterapkan dan ada akses menulis ke USB drive:
usf-write-access-disabled
Jika komputer yang Anda gunakan diyakini mengandung virus atau program jahat lainnya yang dapat melakukan penyebaran melalui USB flash drive, dan Anda hanya perlu menyalin atau membaca file darinya, cara ini mungkin dapat digunakan, jika memang Anda tidak merasa repot untuk merestart komputer setelah melakukan perubahan.



Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar